M. Bashir Alfattah
Blog Universitas Komputer Indonesia

Keberadaan PR Politik dalam Tim Sukses di balik Kampanye PILGUB JABAR 2013

Keberadaan PR Politik dalam Tim Sukses di balik Kampanye PILGUB JABAR 2013
Tahap pemilihan PILGUB Jawa Barat telah resmi diluncurkan. Pelantikan Guberbur akan dihelat pada 13 Juni 2013 mendatang, dengan asumsi PILGUB dilakukan dalam satu putaran. Tahap PILGUB sendiri sudah dimulai sejak 23 Juli 2012 lalu,, ditandai dengan keluarnya Pedoman Teknis PILGUB. Tahpan PILGUB juga menunjukan adanya perbedaan antara JABAR dengan daerah lain. Yaitu, KPU JABAR menetapkan  calon terlebih dahulu sebelum kemudian menetapkan daftar pemilih tetap (DPT). Pencalonan dari kalangan perseorangan dimulai pada 1 Oktober 2012 dan berakhir lima hari kemudian. Adapun pengesahan daftar pemilih sementara (DPS) baru dilakukan pada 4 Desember 2012, dan pada 5 Januari 2013 daftar pemilih tetap di tetapkan. Pasangan kandidat akan melaksanakan kampanye selama dua pekan, 7-20 Februari 2013. Jadwal dan tempat kampanye akan ditetapkan empat hari sebelumnya. PILGUB JABAR mencapai puncaknya saat dilakukan pemungutan suara pada 24 Februari 2013.
 
Kampanye merupakan salah satu strategi PR Politik yang berada dalam Tim Sukses untuk mendapatkan perhatian dan suara masyarakat. Sebagai PR Politik sebelum merencanakan strategi dalam pemilihan, riset politik merupakan salah satu langkah awal yang dapat digunakan oleh calon pasangan kandidat beserta tim suksesnya. Seperti yang diungkapkan Herry dalam bukunya yang berjudul Kunci Sukses, Tim Sukses dalam Pilkada langsung, yaitu: “Hal yang wajib dilaksanakan oleh bakal calon, baik sebelum maupun sudah ditetapkan KPUD sebagai pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah melakukan kajian analisis SWOT atas pertempuran dalam pilkada secara langsung. Dengan hal ini calon akan dengan mudah melakuka stategi komunikasi yg sistematis dan taktis.
 
Ketika PR politik menyarankan kepada tim sukses kandidat untuk melakukan kampanye PR atau dalam arti sempit bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran (target audience) untuk merebut perhatian serta menumbuhkan persepsi yang positif terhadap suatu kegiatan dari suatu organisasiagar tercipta suatu kepercayaan dan citra yang baik dari masyarakat melalui penyiapan pesan secara intensif dengan proses komunikasi dan jangka tertentu yang berkelanjutan. Seorang PR Politik juga harus tau jenis kampanye apa yang tepat dilakukan yang telah disesuaikan dengan hasil analisis SWOT yang telah dilakukan sebelumnya. Apakah mereka akan menggunakan Product-Oriented Campaign, Candidate-Oriented Campaign atau Idiological or Couse-Oriented Campaign. Setelah tau jenis kampanya apa yang sesuai di aplikasikan PR Politik juga harus tau strategi komunikasi serta metode apa yang sesuai dengan jenis kampanye yang dipilih serta lebih efektif untuk mendapat perhatian masyarkat sehingga mereka mau memberi suaranya kepada kandidat mereka.
 
Di balik keberhasilan kandidat yang terpilih ada tim sukses yang memberi mereka kekuatan kemenangan untuk kandidat. Sementara itu di balik tim sukses yang solid terdapat PR Politik yang pandai dan lihai dalam mengambil tindakan serta keputusan agar dapat memeperkuat tim suskes untuk memberi kekuatan kepada kandidat untuk memenangkan PILGUB JABAR 2013. Pada PILGUB Jabar kali ini keberadaan PR politik dalam tim sukses kandidat sudah terlihat salah satunya dengan mengusung artis. Mereka sadar akan popularitas artis akan memberikan keuntungan tersendiri dalam memiliki suara karena mereka telah memiliki massa.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 29 November 12 - 21:44 WIB
Dalam Kategori : PR POLITIK, PILGUB, JABAR, TIM SUKSES, KAMPANYE, 2013
Dibaca sebanyak : 1230 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback