M. Bashir Alfattah
Blog Universitas Komputer Indonesia

Semua Karena Konvergensi Media

Semua Karena Konvergensi Media
Di era kemajuan teknologi saat ini konvergensi media menjadi suatu yang lumrah. Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai konvergensi media, ada baiknya kita mengetahui apa itu konvergensi media. Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu Convergence. Kata konvergensi merujuk pada dua hal/benda atau lebih bertemu dan bersatu dalam suatu titik (Arismunandar, 2006: 1) . Konvergensi akan mudah dibayangkan jika menggunakannya dalam ilmu fisika khususnya tentang cahaya. Cahaya matahari datang dari berbagai sudut yang kemudian dikumpulkan atau dibiaskan oleh loop (kaca pembesar) pada satu titik. Penggabungan berkas-berkas cahaya tersebut adalah peritiwa konvergensi. Istilah konvergensi ini bisa dipadukan dengan kata-kata lainnya, misalnya dalam konteks ini adalah media. Sehingga, konvergensi media berarti penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Istilah konvergensi secara umum juga merujuk pada kaitannya dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi.
 
Apa yang anda dapat dari pengertian diatas? Masih bingung? Baik, misalnya handphone smartphone yang anda pegang saat ini, coba lihat fitur-fitur yang ada didalamnya. Ada video, camera, bisa terhubung dengan internet. Itu lah konvergensi media, yaitu penggabungan media-media yang sudah ada. Dengan peng konvergensi an media ini tentu nya memudahkan kita sebagai pengguna, bilan tidak di konvergensikan, coba bayangkan dari fitur-fitur yang disebutkan diatas paling tidak kita harus memiliki 3 gadget lagi, seperti video record, camera, dan laptop atau computer. Dengan di konvergensikan sehingga kita hanya menggunakan smartphone bisa mencakup semua.
 
Dengan konvergensi media ini, tentunya memudahkan dalam hal komunikasi, khususnya humas. Seorang humas harus terbuka dengan pengetahuan teknologi. Karena dengan teknologi memudahkan kinerja humas. Seperti konvergensi media ini, seorang humas hanya perlu menggunakan smartphone dia sudah bisa berkomunikasi melalui telepon, sms, email, chat, dan browser. Adanya konvergensi media ini mengefisiensikan banyak hal, baik waktu, budget, dan praktis tentunya.
 
 
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 03 Desember 12 - 16:44 WIB
Dalam Kategori : KONVERGENSI, MEDIA
Dibaca sebanyak : 1109 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback